Sayur dan buah yang dapat menghilangkan jerawat

Pada dasarnya semua macam buah dan sayur sangat sehat untuk dikonsumsi. Banyak mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Mengandung antioksidan dan menjaga kesegaran tubuh. Sayur dan buah juga sangat baik untuk pencernakan, dimana salah satu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat adalah karena pencerakan yang kurang baik. Selain sangat bermanfaat untuk dikonsumsi, ternyata ada beberapa jenis sayur dan buah yang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat dengan dibuat masker wajah. Dan saya sering mempraktekkannya di rumah karena memang saya suka menggunakan bahan sayur dan buah ini untuk maskeran. Diantaranya:

1. Daun pepaya

Ternyata daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Aku baru tahu saat mencari informasi di internet mengenai manfaat daun pepaya ini. Caranya 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua dijemur hingga layu kemudian dihaluskan. Ditambahkan 1,5 sendok air bersih dan dibuat untuk masker di wajah. Diamkan hingga masker mengering lalu cuci muka hingga bersih. Untuk mengobati pada bagian jerawat bisa diolesi dengan getah pepaya yang masih muda hingga jerawat mengering. Oya getah pepaya ini yang aku tahu (dan aku juga pernah mencobanya) bisa dioleskan ke telapak kaki untuk mengobati kaki yang pecah-pecah. Dan hasilnya sangat bagus sekali, 2-3 kali olesan dijamin pecah-pecahnya jauh lebih berkurang. Selamat mencoba.

2. Jeruk nipis

Kalau untuk jeruk nipis ini aku sering menggunakannya sebagai maskeran. Kalau aku caranya begini : potong jeruk nipis menjadi 2, kemudian setengah potong jeruk tadi diperas di sendok makan atau di wadah yang bersih. Kemudian oles menjadi masker wajah. Diamkan hingga mengering (kira-kira hingga 15 menit), lalu cuci muka hingga bersih. Jeruk juga mengandung vitamin C yang bagus untuk serum wajah dan mengandung antioksidan yang berguna untuk anti penuaan. Sehingga setelah menggunakan masker jeruk nipis ini wajah akan terlihat kencang dan segar. Memang kalau menggunakan masker ini agak gatal dan perih bila terkena jerawat, jadi untuk mengurangi perih bisa sambil dikipasi dengan kipas tangan atau kipas angin. Selamat mencoba.

Untuk potongan jeruk nipis yang masih ada bisa disimpan dalam plastik dan dimasukkan lemari es untuk digunakan pada hari berikutnya.

 3. Tomat

Buah tomat juga sering aku gunakan sebagai masker di sore hari setelah selesai melakukan aktivitas yang melelahkan. Banyak sekali manfaat dari Buah tomat ini, selain banyak mengandung vitamin C, juga mengembalikan kesegaran kulit wajah. Cara memakainya bisa dengan diiris tipis-tipis dan ditempelkan di seluruh wajah, bisa juga diambil potongan tomat dan bagian dalamnya dioleskan ke wajah agar cairan tomatnya menempel di wajah. Diamkan  hingga 30 menit agar cairan meresap dan mengering, setelah selesai bersihkan wajah. Dan teman saya bilang buah tomat ini juga berfungsi membersihkan wajah dari kotoran yang menempel di wajah dan sel-sel kulit mati, sehingga dapat sebagai pengganti peeling. Tentu saja jika wajah bersih maka jerawat juga enggan muncul kembali.

4.  Pepaya

Pepaya banyak mengandung antioksidan sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat penuaan kulit serta masalah kulit lainnya. Selain itu banyak informasi di internet jika buah pepaya ini sangat efektif dapat menghilangkan jerawat. pepaya yang sudah dihancurkan dapat dicampur dengan satu sendok makan madu. kemudian dioleskan ke wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk memaksimalkan  penyembuhan, konsumsi buah papaya yang telah masak secara rutin karena bagus untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan bagus maka kulit muka juga menjadi cantik.

5.  Lidah Buaya

Lidah buaya yang sudah dipotong dibersihkan dulu. Kemudian ambil dagingnya yang berlendir dan oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu hingga mengering atau hingga 20 menit. Kemudian wajah dapat dibersihkan kembali dengan air hingga bersih. Selain sebagai masker wajah, lidah buaya ini juga dapat menyuburkan dan menyehatkan rambut. Caranya sebelum keramas kita dapat mengoleskan daging lidah buaya yang sudah dihaluskan ke rambut hingga rambut basah merata, oleskan juga ke kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan rambut agar rambut menjadi lebat. Diamkan hingga 15 menit kemudian keramas seperti biasa. Hasilnya rambut menjadi lebih lembut, dan jika dilakukan beberapa kali maka akan tumbuh rambut baru di kepala anda. Dan pada saat pertumbuhan rambut baru ini, kulit kepala anda akan sedikit gatal, dan itu adalah alami. Saya pernah melakukan treatmen ini saat SMP, dan karena sekarang kurang ada waktu, saya jarang melakukannya.

Referensi :

http://agrobuah.com/7-manfaat-daun-pepaya/.HTML

http://creamherbal.com/2012/01/manfaat-pepaya-kecantikan-kulit/



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.